Minggu, 01 November 2009

Babad Batu Besar II

[Sasak.Org] Rustambing bersama Dewa Perang membawa keris kecil buatan abad ke 14 yang dibuat sendiri oleh kakek moyangnya, ahli keris yang terkenal tempat para raja dan bahkan Gajah Mada memesan.

Ia mencari sanak saudaranya keturunan Papux Guru yang berasal dari BARAT DAYA (Bayan) yaitu trah BATU BESAR yang bercerai berai di Seantero negeri orang LEMPANG (Lombox). Papux Guru Lahir tahun 1860 dan trahnya adalah semua orang yang menggunakan Bahasa TERSERET (Teros) yang menyebar hampir merata di Sasakstan. Mulai dari BUKIT BERBUNGA (Gunung Sari) TANAH KOSONG (Gomong), KAMPUNG RAYA (Dasan Agung), LAHAN yang banyak pohon SUKUN (Karang Sukun), BUNGA KERANG ( Kembang Kerang), TERCECER (Erot), KEBUN JARAK (Ketangga), TANAH TINGGI (Dasan Tinggang) dan BATU BESAR Tua (Selaparang).

Ada kabar angin yang mengatakan bahwa trah Papux Guru yang masih menyimpan takepan yang lengkap mengenai babad lama ada di selatan gumi. Rustambing harus menyeleksi dasan dasan paling strategis. Dia telah mencoret dari daftar berbagai dasan sepanjang jalur Ampenan - Labuhan Lombok. Mulai dari tempat PEMBANTAIAN (Sambelia), DEWA BATU TERJAL ( Pringga Baya), dasan sunyi yang JARANG penduduk (Rarang), dan dasan yang BERSERAKAN (Terara).

Sementara itu dia sudah ke utara di BARAT DAYA (Bayan) kemudian tempat orang MENGENDURKAN diri alias istirahat (Gondang) meluncur ke KARANG BERLUBANG (Batu Bolong) dan masuk ke sungai dan menyeberang dengan MENGANGKAT pakaian di SATU TANGAN (Peninting) sampailah di tempat KEPALA (Otak Dese). Karena capek dia memutuskan menginap sambil mencari pedang di LADANG BUNGA dan tumbuhan BEBELA (Sekarbela).

Pada hari yang ditentukan Rustambing berangkat lagi ke Selatan, kali ini tak mau sendirian dia menggamit Dewa Perang yang sudah kebanyakan momot meco selama ditingal ke Utara. Dia banyak dikomplen kalau bicara melodinya khas dan bikin senyum orang, tapi itu karena soal kebiasaan. Mulai memasuki pantai pertama tama mengunjungi tempat tua, dimana seorang perempuan BERANAK pernah DIASINGKAN(Selong Belanak). Disini mereka bertemu dengan sesepuh yang ternyata masih satu keturunan. Sorenya melewati tempat orang pernah MENGAMUK (Pengantap) menuju tempat PALING UJUNG (Sengkol). Inilah tempat paling lama disinggahi Rustambing untuk sinau penaox dari orang orang yang masih memegang adat yang lebih asli dibanding tempat lain.

Ternyata di Selatan inilah terletak dasan dasan yang tetap mempraktikkan ajaran yang biasa disapaikan di BRUGAX. Ada satu dasan dimana dahulunya adalah tempat BERTAPA YANG AJEG (SADE), sempit tapi punya selera seni Sasak. Orang orang disini ternya masih bersaudara semua. Rustambing Masih mempelajari lagi tempat penting mana yang harus diprioritaskan, mengingat waktu yang terbatas dan informasi yang sangat minim. Rencana akan ke TUAN yang rumahnya ada pohon WARU (Jero Waru) dan harus mampir ke saudaranya yang kesulitan air unutk membantu satu Kontainer berisi 5000 liter air di tempat yang SERBA SALAH (Pemongkong).

Rencana petualangan sementara akan diakhiri di tempat ORANG RAMAH yang suka BERGOTONG ROYONG (Sakra). Tapi sekarang Rustambing dan Dewa Perang harus mengambil linggis dan pacul untuk menggali sawah sebagai persiapan menanam padi gogo dilahan tadah hujan disekitar TANAH yang berwarna ABU (Tanax Awu). Mereka bekerja sama bahu membahu dengan para pepadu dari dasan orang BERKULIT GELAP (Pujut) bertatap tatapan dengan centeng centeng sewaan mengawasi lahan luas yang sudah diborong untuk landasan pacu bandara besar. Entah apa yang akan terjadi pada nasib mereka kelak.

Wallahualambissawab
Demikian dan maaf

Yang ikhlas

Hazairin R. JUNEP

Komentar:

Comments (4)

lmjaelani: ... http://lalumuhamadjaelani.wordpress.com
1
wah, makin mangstab!1

July 16, 2009

nazar: ...
2
berarti pertamax neh miq LM 2

July 16, 2009


Aji: ...
Asslkm....Wah kebetulan aku lagi nyari selewok papuk guru nih,konon yang tertinggal poton selewok yang tidak dimakan api....tapi sblmnya Papuk guru 3
yang dimaksud disini yang mana yach....?3

August 05, 2009

Hazairin R. JUNEP: ... http://www.hazairinrjunep.blogspot.com
Aji, coba katakan Papuk Guru yang mana yang kamu sendiri kenal, siapa tahu di 4
KS ada orang yang menyimpan sisa ujung sewox itu.4

August 06, 2009

Tidak ada komentar: