Minggu, 01 November 2009

Babad Batu Besar I

[Sasak.Org] Seorang pepadu bernama Rustambing dari BATU BESAR (Batu Belex) memutuskan pergi berkelana di seantero Tanah YANG SESAK (Tanah Sasak). Setelah agak siang dia mencapai dasan yang ada PANCURAN air (Pancor), dia lalu mandi dan minum sepuasnya.

Kemudian meneruskan perjalanan ke dasan tempat PENGASINGAN (Selong), disana tumbuh banyak pohon kenari besar besar. Dari situ perjalanan diteruskan ke utara menembus kebun dan semak lalu keluar di dasan kecil Berlobang lobang (Kerongkong). Ia mencoba berjalan lebih cepat agar bertemu DEWA PERANG ( Suralaga) sebelum gelap.

Setelah bertemu dengan dewa perang maka keduanya berjalan menuju HUTAN PERSEBAHYANGAN (Wanesabe). Di Sana mereka menginap sebelum pergi Ke tempat PERSEMBAHAN PARA HAMBA (Sembalun). Esok harinya pagi pagi sekali mereka pergi berziarah ke bekas Kerajaan BATU BESAR(Selaparang).

Tapi mereka tidak tahu jalan dan memasuki dasan yang BERPUTAR PUTAR (Swela). Ternyata mereka salah jalan dan tahu tahu sampai di dasan BATU BATU TERJAL (Pringgasela) di dekat TANAH LUAS TEMPAT TUMBUHNYA POHON NANGKA (Lendang nangka). Mereka berfikir alangkah baiknya mencari kendaraan saja daripada tersesat terus. Kedua orang itu pergi ke BUAH ASAM MAS (Masbagik) menaiki bis kecil menuju TANAH IBUKU (MATARAM).

Pertama mereka keluar dari batas wilayah di dasan PARA BUDAK (Jenggi) lewat dasan para PEMARAH (Kopang) lalu tiba tiba ada yang MERINTANGI (Mantang) setelah itu mengambil WARISAN (Praya) dan berbelok belok menuju terminal CAHAYA (Sweta) karena sopir menghidar dari polisi mereka tidak masuk di terminal ALAM SEMESTA YANG TUNGGAL (Mandalika) sesampai di PUSAT KERAJAAN( Cakranegara) mereka makan pelecing dan cabut ke tempat pembutan TALI TEMALI (Ampenan) di ujung paling jauh pulau ini.

Rustambing belum mendapatkan sesuatu yang lama dicarinya, kita akan lihat kemana lagi dia bertualang.


Wallahualambissawab
Demikian dan maaf
Yang ikhklas

Hazairin R. JUNEP


Komentar:
1
lmjaelani: ... http://lalumuhamadjaelani.wordpress.com

wow luar biasa.

bagaimana dengan PEMONGKONG, RARANG, TERARA, REMBIGE, SAKRE, 1
SEMBALUN, SEMBELIA, PUJUT, LOYOK, GONDANG, GOMONG, dll?1
July 15, 2009

2
mansur: ...
Kopang = Pemarah
sedih juga jari dengan kopang

Paling Bagus Kutaraja : Kotanya para raja atau kota yang menghasilkan raja. (terbukti! )

July 15, 2009

3
lmjaelani: ... http://lalumuhamadjaelani.wordpress.com

nggih miq, tiang kebetulan dari King City 3

July 16, 2009

4
Jati: ...
Wah.. King City hehehe, tiang ingat ada seorang cewek disana.. cantik manis dan sopan, duLu pernah main kerumahnya tapi sekarang dia sudah nikah.. heuheuheu..

July 16, 2009

5
sasaki: ...

untolerable..story5

July 25, 2009

Tidak ada komentar: